Tidak Ada Pemaksaan Dalam Beragama

T

Rasulullah mempunyai keinginan besar agar seluruh umat manusia dimuka bumi memahami risalah kebenaran yang beliau sampaikan. Akan tetapi konsep pemaksaan sebuah entitas terhadap dīn tidak ada dalam Islam.

Allah Swt. berfirman:

وَلَوْ شَاۤءَ رَبُّكَ لَاٰمَنَ مَنْ فِى الْاَرْضِ كُلُّهُمْ جَمِيْعًاۗ اَفَاَنْتَ تُكْرِهُ النَّاسَ حَتّٰى يَكُوْنُوْا مُؤْمِنِيْنَ   

“Dan jika Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang di bumi seluruhnya. Tetapi apakah kamu (hendak) memaksa manusia agar mereka menjadi orang-orang yang beriman?” (Yunus/10:99)

Seorang ulama besar mengatakan: “Setelah usai penaklukan Mekkah maka Rasulullah Saw. membiarkan penduduknya seraya berkata: ‘Pergilah! Kalian semua bebas!”

Tersirat pesan yang sangat indah disana, bahwa Rasulullah Saw. tidak memaksa orang lain untuk memeluk agama Islam.

Memang tidak bisa dipungkiri, sedikit sekali non-muslim yang tertarik dengan Islam dikarenakan langsung bersentuhan, membaca dan mempelajari Al-Qur’an dan Hadits. Banyak dari mereka tertarik dengan islam karena melihat seorang muslim yang qadarullah mampu menginterpretasikan Al-Qur’an dan Hadits dalam kehidupannya.

Selain itu, paksa-memaksa pun merupakan perbuatan orang-orang yang agaknya memang dangkal argumentasinya dan juga culas akhlaknya. Oknum seperti ini lah yang sebenarnya membuat kebenaran mutlak Islam seolah-olah tidak berkilau kembali dimata non-muslim.

Maka dari itu mudah-mudahan kita termasuk muslim yang dimudahkan oleh Allah Swt. dalam merepresentasikan akhlak Al-Qur’an dan Sunnah dalam kehidupan. Sehingga nantinya dapat memberikan kebaikan-kebaikan kepada siapapun yang kita temui dalam hidup ini. Dan tentunya juga dapat memberikan kebaikan-kebaikan bagi diri sendiri di dunia dan akhirat. Āmīn yā Rabbal ‘ālamin.

Tambahkan komentar

Arsip

Ridwan

Kelahiran Denpasar, Bali. Anak bungsu dari 3 bersaudara.
Menyelesaikan pendidikannya sekaligus pengabdiannya di salah satu Lembaga Pendidikan di Indonesia pada tahun 2018.
Dan Qadarullah sekarang diberikan kesempatan untuk kembali belajar di jenjang perkuliahan.

Ikuti Saya