Mulai Darimana ?

Allah tidak berjanji kepada siapa siapa yang belajar selama 24 jam dalam sehari , akan diberikan keberkahan dalam ilmunya, walaupun memang tidak bisa dipungkiri, sangat jenius otaknya.

Allah tidak berjanji kepada siapa siapa yang giat dan semangat bekerja selama 24 jam sehari, akan tidak dijauhkan hartanya dari kemudhoratan dan penyia-nyiaan dalam penggunannya , atau mudahnya , Allah tidak berjanji untuk memberikan keberkahan dalam hartanya, walau memang sangatlah banyak hartanya.

Tapi Allah berjanji.

Allah berjanji kepada siapa siapa yang menegakkan sholat dalam kehidupannya , maka dia akan berjaya dalam segalanya.

Didalam islam terdapat konsep keberkahan, yang menurut saya konsep ini adalah salah satu konsep yang luar biasa indahnya untuk kita sebagai manusia dalam memaknai kehidupan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, berkah adalah karunia Tuhan yang membawa kebaikan dalam hidup manusia, keberkahan yaitu keberuntungan, dan kebahagiaan.

Dalam kamus Munawwir, bāraka artinya diberkahi dan memperoleh kenikmatan atau kebahagiaan,

Dalam tafsir Kemenag, makna kata bāraka dalam ayat ini yaitu keindahan.

Dan yang terkahir menurut Imam Ibnu Katsir kata bāraka artinya adalah bermanfaat bagi manusia.

Menurut saya, poin utama atau inti pembahasan tentang apa itu berkah ada pada poin terakhir, apa yang terlontar dari lisan Imam Ibnu Katsir,
yaitu bermanfaat bagi manusia.

Kemudian dalam paragraf lain saya mengatakan bahwa berjayalah dalam segala hal orang yang menegakkan shalat.

Dalam Al – Qur’an , Allah selalu berfirman untuk menegakkan shalat , bukan melakukan shalat atau menjalankan shalat.

(Al-A’raf : 170) وَالَّذِينَ يُمَسِّكُونَ بِالْكِتَابِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ إِنَّا لَا نُضِيعُ أَجْرَ الْمُصْلِحِينَ
(An-Nur : 56 ) وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ
(Al Baqarah : 110)

  1. Dan orang-orang yang berpegang teguh dengan Al Kitab (Taurat) serta mendirikan shalat, (akan diberi pahala) karena sesungguhnya Kami tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengadakan perbaikan.
  2. Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada rasul, supaya kamu diberi rahmat.
  3. Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.

Dalam kamus besar bahasa indonesia
berdiri memiliki makna tegak bertumpu pada kaki (tidak duduk atau berbaring)

Kalau sepintas kita berfikir, tidak usah mendalam dan tidak usah terlalu jauh , kata menegakkan atau membangun itu sepengetahuan kita saja, yaitu terdiri dari beberapa proses yang memerlukan usaha dan tenaga.

Membangun rumah perlu proses , bertahap , mulai dari mengkonsep rumah, observasi kawasan dan lingkungan, membeli bahan bangunan, kemudian mulai membangun , yang tentu saja proses ini perlu usaha dan tenaga, tidak semena-mena dengan sim salabim , rumahnya langsung jadi dan langsung ada.

Maka sama halnya dengan sholat , butuh usaha dan tenaga untuk menegakkannya.

Entah dari hawa nafsu kita yang menghasut kita kepada keburukan , atau bisikan syaitan yang mejerumuskan kita kepada kesesatan, dsb.

Dan ketahuilah , jihad yang paling sulit itu adalah , jihad melawan hawa nafsu kita sendiri.

Semoga kita selalu menjadi hamba Allah Azza Wa Jalla yang bisa menegakkan shalat secara istiqomah dan khusyu Lillah Ta’ala.

Kalau kamu bingung, ingin merubah hidup menjadi lebih baik tapi tidak tau harus darimana.
Mulailah dengan memperbaiki shalatmu.

Published by Muhammad Ridwan

Kelahiran Denpasar, Bali 21 Januari 1998 , anak bungsu dari 3 bersaudara. Menyelesaikan pendidikannya sekaligus pengabdiannya di salah satu Lembaga Pendidikan di Indonesia pada tahun 2018. Dan Qadarullah sekarang diberikan kesempatan untuk kembali belajar di jenjang perkuliahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: